Cari tahu perbedaan bakso sapi dengan bakso babi

Advertisement
advertisement
Di indonesia, memang masih marak pemberitaan negatif terkait bakso diberbagai media masa. bagi konsumen Muslim, tentunya harus lebih waspada karena banyak pemberitaan jika bakso ada juga yang dibuat dengan daging babi. jadi kita harus mengetahui ciri ciri diantara keduanya.
bakso sapi dan bakso babi
Menurut Executive Chef Pearl Restaurant Hotel JW Marriott, John Chu, bakso sapi dan bakso babi tentu bisa dibedakan walaupun keduanya dicampurkan. karena dengan trik apaun penjual bakso babi, tentu bakso tersebut mudah ditebak, terlebih jika bakso telah direbus, uangkapnya kepada Okezone (14/12/2012)
Dia menjelaskan, bakso daging babi memiliki warna yang lebih terang, tepatnya keabuan, karena tergolong white meat. Sementara, bakso daging sapi cenderung berwarna daging lebih pekat karena termasuk red meat.

Diakuinya, pedagang bakso memakai daging babi hutan lantaran jauh lebih murah ketimbang daging babi ternak. Warna daging babi hutan juga menyerupai warna daging sapi.

"Meskipun daging babi dicampur dengan daging sapi, tetap saja hasil akhirnya akan mudah diketahui," lanjutnya.

Agar tidak salah memilih, ada baiknya cium dahulu bakso yang akan disantap, apalagi bila belum terdapat sertifikasi halal. Menurut Chef John, campuran daging babi dan daging sapi akan bisa dicium bau khasnya, sekuat apapun rempah-rempah yang digunakan.

Setelah itu, rasakan teksturnya. "Daging babi memiliki kadar lemak yang tinggi, meskipun lemaknya dipisahkan. Alhasil, bakso yang sudah matang ketika dipegang akan sangat berminyak walaupun dicampur dengan daging sapi dengan komposisi lebih sedikit," tutupnya.
(ftr)

Sumber : okefood
Advertisement
advertisement
Cari tahu perbedaan bakso sapi dengan bakso babi | resep muis | 5

0 komentar:

Poskan Komentar

Silahkan berkomentar mengenai topik diatas. komentar tidak boleh menyalahi aturan google